Ya kali ini saya akan share tentang langkah langkah membuat kaca menggunakan 3d Max versi 2011.
sebenarnya cukup susah, tapi monggo dicoba dulu :)
Langkah-langkah:
-jika ingin mengganti background perenderan caranya…
* klik RENDERING- pilih ENVIRONMENT
* pada common parameters untuk color ganti dengan warna putih dengan klik pada kotak color. Lalu close.
1. 1. Buka program 3D max…versi apa aja boleh
2.
1. 3. Stelah itu, pada create---geometry--- pilih plane… ini untuk bikin alasnya dulu…
4. 4. Lalu
masih pada oknum yg sama (geometry maksud ane~~), kita bikin box. Box
inilah yg jadi cikal bakal kaca geje kita… disini parameters buat
width/lebarnya, saya pake ukuran 2 cm. panjang sama tinggi terserah
kalian… lebarnya juga terserah kalian aja sih… tp disini saya bikin kaca
yg agak tipis…
5. 5. Trus kita kasih material dengan cara tekan huruf M di keyboard
6. 6.Habis itu pilih salah satu slot
kosong *slot pa bukan ya namanya?* tuh yg bentuknya bola2 itu… nah…
kita ubah warnanya di Blinn Basic Parameters di ambient *bukan ambeien
loh ya!*… disini gue pake warna putih (yg gue tandain bernomor 1)… klo
nggak mau diganti juga gak apa-apa. No problemo… trus opacity kita
turunin (tanda no.2). pastiin calon kaca tadi tetep aktif y! trus
aplikasi’in deh dengan cara klik assign material to selection (tanda
no.3).
7. Habis
itu di-render caranya klik rendering—pilih render. Bisa juga dengan
tekan shift + Q di keyboard. Atau tinggal klik icon kayak di bawah ini.
Yg letaknya deket icon material.
8.Inilah hasil setelah dirender
Masih di buletan yg sama , trus cari
deh yg tulisannya Maps. Cari tulisan reflection--- klik tombol none.
Kan muncul penampakan material/map browser tuh! Nah, cari Raytrace.
Klik dua kali. Trus aplikasikan lagi…
2. nah render tuh kaca. Kira2 klo dirender jd kyk gini…
>o< WOWWWW SILAU MAN!!!
3. untuk ngurangi tingkat refleksinya, buka lg material… klo tampilan material kyk di bawah ini…Go to Parent.
Pas tampilannya udah balik kayak
gini. Disamping tulisan reflection tuh kan ada angkanya tuh… nah itu
lah yg di kurangin (tanda no.1)… jadi selamat nurunin angkanya (lebih
cepat dari nurunin berat badan!!!) :D habis itu, render lagi deh!!!
sebagai contoh saya pake 39.
1. 5. Hasil render
1.
6.Buat
mengetahui apa perjuangan yg membingungkan kita tadi berhasil apa enggak, tinggal kita tambahin aja object lain di belakang sama di depan
kaca.
SELAMAT MENCOBA!!! :)
3 komentar:
sangat membantu :) bgmana cara mmbuat dinding textur batu kak?
Keren Nad (y)
makasi mummmm
Posting Komentar