Senin, 01 September 2014

Tutorial Membuat Karpet, Rumput, Bulu pada 3ds max dengan scatter,

Buat karpet sendiri yuk di 3ds max. ngapain download . bikin gak kreatif.



 Kali ini aku mau ngesave and ngeshare tentang bagaimana sih membuat karpet / rumput dengan menggunakan 3ds max. 3ds max yang aku pake versi 2012. barang kali ini berguna buat kawan semua silahkan dibaca and di pelajari. bahasa yang aku gunakan pake bahasaku sendiri ya... jadi kalo nanti kurang jelas kowe2 podo bisa tinggalin komentar. nanti aku revisi lagi biar bisa dipahami karo kowe2 podho.
   gen mboten kesuen.. monggo langsung kemawon meluncur ke TKP.


Pertama yang pasti dan harus kawan buka dulu 3ds max nya. kalo sudah lalu klik creat lalu pilih standart primitive terus pilih plane, buat plane dengan ukuran 100cm x 100cm. yang belum tau pelajari dulu dasar2 pembuatan object di 3ds max. aku gak kasih gambar ya...

Yang ke 2 kawan buat cilinder. caranya klik creat  lalu pilih standart primitive terus pilih cilinder. taruh aja di samping plane. lalu edit parameternya , radius = 0.3 cm, tinggi = 3 cm. kalo udah jadi kaya gini kira - kira...

Kalo udah Lalu kawan modifikasi cylindernya . klik modify lalu buka modifier list pilih taper ,Setelah itu edit pada taper ubah nilai amount menjadi -0,91 ( atau berapa aja biar jadi runcing ). nah nanti jadinya seperti ini 
Untuk selanjutnya kawan masuk lagi ke modifier list lalu pilih blend. inget layernya tetep di layer cylinder. kalo udah lalu ubah parameter blend , ubah nilai anglenya menjadi 85.5 ( atau sesuai keinginan kawan mau seberapa lengkung ). kalo udah kiro- kiro dadose kados niki mas...
Monggo dilanjut meneh.
Selanjutnya pada modifier list klik kanan pada cylinder lalu pilih collaps all. lalu pilih yes.
Kalo berhasil kira - kira jadinya seperti ini ..
untuk selanjutnya tinggal perbanyak object yang tadi sudah di satuin dengan plane . caranya ubah nilai duplikate pada modifier scatter menjadi 1000 , kira kira gambarnya kaya gini.
lanjutin lagi ubah parameternya pada display menjadi 60 persen, lalu pada distribute using pilih area. lalu pada transform rotation ganti nilai x menjadi 20 nilai y menjadi 20 dan nilai z menjadi 360. lalu cek list pada use maximumum range pada translation on face, lalu ubah nilai z pada scalling menjadi 30. nah hasilnya kira kira seperti ini .. 
kalo sudah lalu masukin deh materialnya. tergantung dari kawan. kawan biasa pake mental ray atau pake material standart atau pake material vray. kira kira kalo sudah jadi seperti ini. 
jreng jreng ... selesai.. tergantung kawan mau mengaplikasikannya sebagai apa. kalo mau buat karpet tinggal kasih aja motif karpet. kalo mau jadi rumput tinggal kasih aja warna rumput . ( dan silahkan dirubah2 parameternya sesuai yang kawan mau.. ini cuma sekedar save and share.. kalo aku lupa aku bisa baca . kalo kawan berminat bisa kawan pelajari.. semoga bermanfaat ya.... kalo kurang jelas kawan bisa tinggalin komentar. atau inbox ke FBku... "Nadya N Arivaa" terima kasih...

Tidak ada komentar: